Invading Bitrate pada awalnya dirancang sebagai pertunjukan kecil yang digelar di ruang gallery Ruang MES 56 yang menampilkan kolaborasi antara Jimmy Mahardhika (gitaris Seek Six Sick yang juga merilis album solo nya di Yes No Wave music) dengan Kristi Monfries (seniman suara dan performance asal Melbourne). Selanjutnya, konsep pertunjukan kolaborasi berformat sederhana dan santai inipun berlanjut secara insidentil. Pada seri kedua menampilkan Justice Yeldham (Melbourne) dan Bhakti (Zoo).

Invading Bitrate #3 menampilkan 2 penampilan kolaborasi. Penampil pertama adalah duet pianis dari Nadya Hatta (Armada Racun, Risky Summerbee & The Honeythief) dengan Leilani Hermiasih (Frau, Southern Beach Terror). Keduanya berasal dari Yogyakarta. Penampil kedua diisi oleh 3 musisi eksperimental yaitu Joel Stern, Sarah Spencer (Melbourne) dan Joe Luna (London, Solo). Berikut ini informasi dan dokumentasi pertunjukan tersebut:

JOEL STERN
Joel Stern banyak membuat karya musik, tulisan, mengorganisir konser dan screening, dan belajar untuk menyelesaikan MA-nya. Ia telah tampil di berbagai belahan Eropa, Jepang, selandia Baru dan juga pada banyak event eksperimental musik di Australia dengan mengkobinasikan beberapa instrumen yang ia modifikasi sendiri, mikrofon yang ia rangkai, perangkat dengung, dan telah membuat banyak rekaman hasil kerja kreatifnya. Joel pada saat ini sedang melakukan eksplorasi terhadap band noise seperti ‘impromptulons’. ‘no guru’ dan ‘gyanism’, mengkolaborasikannya dengan siapapun yang sedang berada di sekitarannya ketika ia sedang beraksi. sementara itu ia juga sedang membantu pelaksanaan proyek di sebuah rumah produksi rekam yang bernama ‘naturestrip’ dan sebuah program radio ‘audiopollen’ 4zzz. Joel juga seorang kurator yang bernaung di OFF organiser.
http://www.myspace.com/joelstern
http://www.abjectleader.org
http://www.otherfilm.org

SARAH SPENCER

Sarah Spencer adalah anggota dari improvisasi pembuat bunyi Blank Realm di Brisbane. Gambaran tentang dirinya adalah seseorang yang sebebas waktu di matahari, penyihir dsedih di keteduhan, dibesarkan di tengah keluarga aneh di sungai Brisbane yang berlumpur. Blank Realm membuat bebunyian menggunakan dekapan energi kekedapan di dalam lingkaran menuju pilinan surga elektrik, kebisingan binatang, dasar ketidaksadaran dan dentuman sonar, memeluk 8 lagu di dalam 4 rangkaian lintasan piranti. Ritual yang memualkan memasuki lagu-lagu yang mampu mendobrak. Gerakan tegak lurus untuk mencapai ketinggian yang tak dapat dijabarkan.
http://www.myspace.com/blankrealm

NADYA OCTARIA

Nadya bermain keyboard di beberapa band di Yogyakarta. Kepiawaiannya mempermainkan tuts-tusts keyboard yang lincah dan tak beraturan tanpa merusak tatanan melody yang indah memperkuat karakter yang menawan bagi band yang menggawanginya. Di Individual Life dia memainkan post-rock yang berhawa shoegaze, di Armada Racun dan Risky & The Summerbee di memainkan nada-nada cantik tak beraturan yang mengejutkan. Nadya adalah mahasiswi jurusan arsitektur.
http://www.myspace.com/riskysummerbee
http://www.myspace.com/armadaracun

LEILANI HERMIASIH
Biasa dipanggil Lani atau Frau dan lebih populer sebagai kibordis Southern Beach Terror. Lani memiliki karakter yang hampir mirip dengan Nadya Octaria kecuali ketika dia memainkan nada-nada gerejawi yang sanggup menyentuh kalbu meskipun dimainkan dengan gaya serabutan.
http://www.myspace.com/ffrau

Flattr this!

Share in
Tagged in