FREE SINGLES CLUB (FSC) pada awalnya (2007) dirancang sebagai sebuah program eksklusif yang membagikan single secara tertutup melalui mailing-list. Hanya yang tergabung dalam milis saja yang akan mendapatkan single ini untuk pertama kali dirilis. Dalam kurun waktu 3 tahun, program ini baru merilis 7 buah single saja, hal ini terjadi dikarenakan kesibukan aktivitas saya dan beberapa kendala lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter makin memperpendek jarak komunikasi dengan sifatnya yang sangat fleksibel, efisien dan real-time. Hal ini membuat aplikasi seperti milis mulai jarang untuk digunakan; milis yahoogroups yang digunakan oleh FSC pun kian hari mulai rentan akan spam dan membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkan dan menanggulanginya. Justru aplikasi seperti blog semakin digemari karena adanya koneksi arus timbal balik antara blog dengan jejaring sosial.

Kondisi lain yang mempengaruhi adalah mulai maraknya band/musisi lokal yang merilis sebuah lagu (single) untuk disebar-luaskan secara gratis melalui jaringan internet, sebelum kemudian bersiap meluncurkan album. Situs utama Yes No Wave Music dari awal sebenarnya lebih spesifik untuk merilis sebuah album yang dikemas secara ekslusif walaupun dibagikan gratis, sedangkan sebuah single meskipun biasanya hanya terdiri dari 1 lagu namun memiliki nilai komersial yang lebih daripada format album. Hal ini yang selalu membuat saya menolak untuk merilis single. Sehingga label ini berusaha untuk menjaga agar tidak terjebak menjadi sebuah ajang batu loncatan. Namun, melalui jalur milis FSC yang eksklusif ternyata justru menjadi kendala karena sebuah single membutuhkan penyebaran yang seluas-luasnya. Untuk itulah kemudian FSC dirombak menjadi lebih terbuka. Band/musisi bisa mengirimkan single nya untuk secara resmi didistribusikan melalui situs Free Singles Club. Tentu saja materi single dikemas dengan baik, tidak sekedar melempar sebuah file lagu dengan nama file seadanya tanpa disertai informasi yang jelas dalam metadata dan telanjang tanpa cover (artwork) karena situs ini didesain tidak untuk menjadi WC umum seperti 4Shared, Hotfiles, dan situs lain sejenisnya.

Dengan ini Yes No Wave Music membuka luas bagi band/musisi untuk mengirimkan single nya untuk dipublikasikan di ‘etalase’ Free Single Club.

Klik tautan ini untuk mengunjungi Free Singles Club

Flattr this!

Share in
Tagged in