Senyawa adalah adalah projek musik etnis kontemporer yang diciptakan oleh 2 pemuda dari latar belakang musik yang berbeda. Rully berasal dari skena musik rock eksperimental, dan Wukir telah mengabdikan dirinya pada musik tradisional.

Rully Shabara adalah frontman dan vokalis dari Zoo, band math-rock/noise-rock/experimental dari Yogyakarta. Wukir Suryadi dikenal karena menciptakan instrumen sendiri yang ia beri nama Bambuwukir. Instrumen bambu ini mengingatkan kepada instrumen Sasando dari Rote, sebuah pulau bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur.

Mereka lalu bertemu pada edisi ketiga dari Yes No Klub di 2010. Saat itu, Wok The Rock meminta Rully untuk berkolaborasi secara spontan saat Wukir tampil. Menemukan ketertarikan yang sama, sejak saat itu Rully & Wukir mulai merekam komposisi buah kolaborasi mereka, yang diberi nama Senyawa.

Dalam musiknya, Senyawa mewujudkan unsur aural musik tradisional Indonesia sekaligus mengeksplorasi kerangka praktik musik eksperimental yang menghasilkan keseimbangan sempurna antara pengaruh avant-garde dengan warisan budaya tradisional.

Selain memainkan alat musik buatannya yaitu Bambuwukir, Wukir juga menggunakan seruling buatannya sendiri yang ia beri nama Serunai. Sementara Rully bernyanyi dengan aneka ragam gaya tradisional baik dari Jawa, Bali, Sumatera, Tibet hingga Afrika dan Amerika Selatan.

Mereka telah berkolaborasi dan tampil dengan banyak musisi terkemuka seperti Yoshida Tatsuya, Otomo Yoshide, Lucas Abela, KK Null, Keiji Haino, Rabih Beiani, Trevor Dunn, Greg Fox, Sophia Jernberg, Arrington De Dionysus, Melt Banana, Jon Sass, Damo Suzuki, Jerome Cooper, Oren Ambarchi, David Shea dan Kazu Ushihashi.

Releases

Members

Rully Shabara Herman – Vokal

Wukir Suryadi –  Bambuwukir, Serunai, Pelog

Kontak

Stream