Leilani Hermiasih atau dikenal dengan nama panggung Frau adalah penyanyi, pianis, dan penulis asal Yogyakarta. Frau merupakan nama panggung yang merujuk pada dirinya (Lani) dan piano digital Roland RD700SX buatan 1990-an miliknya yang ia beri nama Oskar. Nama Frau diambil dari bahasa Jerman yang berarti “nyonya” atau “istri”. Lani mengumpamakan dirinya adalah seorang istri dari Oskar, si piano. Bersama Oskar, ia melahirkan ‘anak-anak’ manis dan menggemaskan yang kemudian bisa anda dengarkan.

Berawal dari proyek senang-senang belaka, saat itu Lani sedang dilanda kebosanan dengan rutinitas kehidupannya. Lani yang mulai bermain piano klasik sejak berumur 7 tahun kemudian merekam lagu di kamarnya dengan alat sederhana, yaitu dengan komputer jinjingnya yang ia beri nama Amelie, yang lalu ia unggah di MySpace.

Tak dinyana lagu-lagunya mendapat sambutan hangat dari publik dan membuat Lani memutuskan untuk membagi karya-karyanya secara gratis. Setelah melewati proses mixing ulang, pada Maret 2010, enam lagu pilihan dirilis dalam album Starlit Carousel yang dapat diunduh gratis di netlabel Yes No Wave Music. Sebulan kemudian versi CD dirilis dibawah label Cakrawala Records dengan bantuan distribusi dari Demajors. Dalam format CD tersebut terdapat 1 hidden-track dan video musik yang berjudul “Intensity, Intimately”. Frau menuai popularitas setelah ia tampil pada program televisi Kick Andy yang disiarkan oleh Metro TV.

Frau kemudian melahirkan album keduanya yand berjudul “Happy Coda“. Album ini dirilis pada tanggal 19 Agustus 2013 oleh Yes No Wave Music. Sebelumnya, ia merilis single berjudul “Tarian Sari” yang merupakan bagian dari album “Happy Coda”.

Setelah berkolaborasi dengan Wok The Rock di “Parasite Lottery”  dan juga berpartisipasi pada album “Dialita“, pada tahun 2017 Frau kembali dengan EP berjudul “Tembus Pandang“. Dalam EP tersebut, Lani menggandeng Restu Ratnaningtyas sebagai kolaborator. Restu merespon tiga lagu Frau, lalu Frau merespon tiga gambar Restu. Tiga gambar Restu yang direspon Frau akhirnya menjadi empat lagu pendek.

Releases

Members

Leilani Hermiasih – Vokal & Piano

Kontak

Official Site

Facebook

Instagram

Twitter

leilanifrau@gmail.com

Stream