Bangkutaman adalah grup musik asal Yogyakarta, yang kini telah hijrah ke Jakarta. Berdiri tahun 1999, Grup musik yang telah berusia lebih dari satu dekade ini terdiri dari Justinus Irwin Ardyanto, Wahyu ‘Acum’ Nugroho, Dedyk Eryanto Nugroho dan Madava Nanda Rasika Sangga.

Bangkutaman telah merilis dua album, beberapa EP dan singles. Album terakhir mereka, Ode Buat Kota membawa mereka makin dikenal luas secara nasional. Album ini menuai pujian positif oleh Jurnalis, pengamat musik dan penikmat musik di tanah air. Album ini dinobatkan di urutan pertama dalam daftar 20 Album Terbaik Indonesia 2010 versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Album Ode Buat Kota juga membawa bangkutaman ke mata dunia internasional, dimana mereka dibahas di media-media internasional seperti Guardian dan MTV-IGGY, sebuah divisi dari Viacom Media Networks yang memfokuskan diri membawa musik cutting edge global dan budaya pop ke Amerika.

Hingga kini, Bangkutaman masih membuat pergerakan dan selalu terlibat di dalamnya. Tetap berkesenian dan mencari rumusan hidup yang ideal sesuai dengan zamannya, baik nyaman maupun tidak nyaman. Menyuarakan suara hati warga kota yang sarat nilai-nilai humanis namun tetap membawa tema-tema yang relevan dengan kehidupan para personilnya. Bangkutaman adalah sebuah pergerakan yang dikemas dengan bermusik.

Musik bangkutaman mengalami transformasi dari musik Psychedelic Pop, Acid Dance dari band-band madchester seperti The Stone Roses, The Charlatans UK, band-band 60an dari The Who, The Beatles dan The Doors dan hingga saat ini mereka dipengaruhi banyak sound-sound dari The Byrds, Crosby Stills & Nash, Led Zeppelin, dan The Band.

Releases

Members

Wahyu “Acum” Nugroho – Vocal, Acoustic Guitar, Harmonika

Madava – Bass, Back Vocal

J. Irwin Ardy – Guitar

Dedyk E. Nugroho – Drum

Kontak

Web

Facebook

Instagram

Twitter

bktmn2014@gmail.com

Stream